Amalan Kebaikan di Bulan Rajab | Hikmah Buya Yahya

98

Memasuki bulan rajab, biasanya kita dibanjiri oleh 2 informasi berikut ini , yang pertama kita akan dibanjiri keutamaan-keutamaan atau amalan amalan beribadah di bulan rajab khususnya keutamaan berpuasa di bulan rajab, lalu yang kedua kita juga akan dibanjiri info bahwa berpuasa di bulan rajab adalah bidah, Lalu sebenarnya, mana yang benar?

Menurut Buya Yahya betul bahwa Rajab merupakan bulan mulia, namun tidak ada amalan khusus di bulan rajab, akan tetapi semua ibadah yang biasa dilakukan diluar bulan rajab,seperti misalnya berpuasa, bersedekah, beristigfar,dll  boleh dilakukan di bulan rajab.

doa di bulan rajab, al bahjah buya yahya

Mengenai keutamaan-keutamaan puasa di bulan rajab yang sering kita dapati baik dalan broadcast WA maupun media-media internet, merupakan hadis yang sangat lemah. Misalnya saja kita sering mendapati hadis atau Riwayat yang isinya tentang keutamaan puasa di bulan rajab dari hari ke 1 sampai hari ke 15, perlu diketahui bahwa hadis tersebut merupakan hadis lemah.

Buya yahya mengatakan bahwa boleh-boleh saja jika kita ambil maknanya, kita ambil baiknya, namun perlu ada rambu-rambu dan perlu dipertegas bahwa hadis tersebut tidak boleh diyakini berasal dari baginda Nabi Muhammad SAW.

Pun demikian, bila ada orang-orang yang melaksanakan puasa rajab demi keutamaan-keutamaannya, JANGAN sampai dicaci , dihina, apalagi sampai dibilang bidah. Berpuasa di bulan rajab itu sah sah saja, sama saja seperti berpuasa dan beribadah di bulan-bulan lainnya,tidak ada larangan apalagi bila sampai dibilang bidah. Seperti misalnya sering kita dengar atau baca mengenai riwayat bahwa umar bin khatab memukul tangan orang-orang yang berpuasa rajab, ini merupakan riwayat palsu.

Kemudian Buya Yahya menjelaskan bahwa riwayat-riwayat lemah mengenai keutamaan ibadah seperti puasa di bulan rajab jika bermakna untuk mengajak pada kebaikan, tentunya diperbolehkan,silahkan berpuasa, hanya saja perlu diingat bahwa kita tidak boleh menisbatkan bahwa anjuran ini atau hadis ini berasal dari Baginda Nabi Muhammad SAW.

Note : Artikel  ini dibuat oleh admin dengan mengutip video Hikmah Buya Yahya yang dapat disaksikan secara lengkap pada video youtube dibawah ini :

LEMBUTKAN HATI DENGAN BERBAGI, BUKA PINTU SURGA DENGAN BERDERMA [Infaq Makan Santri, Asatidzah & Pejuang Al-Bahjah] Segera hubungi WA 0812 2272 2164 atau Anda juga dapat infaq melalui rekening kami :

Bank Syariah Indonesia (BSI)

751 222 3111 Kode Bank 451 an. Infaq Makan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini