Bersedekah Agar Dimudahkan Lunas Hutang – Buya Yahya Menjawab

Bersedekah merupakan salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang sangat dianjurkan. Namun, bagaimana jika seseorang sedang dalam kondisi hutang? Apakah boleh untuk bersedekah dalam kondisi seperti ini? Menurut Buya Yahya, seorang ulama yang dikenal sebagai pengasuh LPD AL Bahjah, bersedekah dalam kondisi berhutang yang sedang jatoh tempo adalah haram hukumnya.

Buya Yahya menjelaskan bahwa berbuat baik seharusnya dilakukan dengan ilmu yang benar. Jika seseorang sedang dalam kondisi berhutang, maka ia harus fokus pada cara untuk menyelesaikan hutang tersebut. Berbuat baik dengan bersedekah saat sedang dalam kondisi berhutang justru akan menimbulkan kecewa pada orang yang dihutangi.

Selain itu, berbuat baik dengan bersedekah saat sedang dalam kondisi berhutang juga akan menimbulkan dosa. Menurut Buya Yahya, bersedekah dalam kondisi berhutang adalah sesuatu yang tidak boleh dilakukan. Ia menyarankan agar seseorang yang sedang dalam kondisi berhutang fokus pada cara untuk menyelesaikan hutang tersebut dan mencari pahala dengan berbuat baik dari selain sedekah.

Namun, jika seseorang sedang dalam kondisi hutang namun belum jatuh tempo, ia boleh saja bersedekah. Namun, seseorang harus memiliki gambaran untuk membayar hutangnya saat jatuh tempo nanti. Hal ini dilakukan agar seseorang tetap memenuhi kewajibannya sebagai debitor.

Note : Artikel ini dibuat oleh admin dengan mengutip video Buya Yahya Menjawab yang dapat disaksikan secara lengkap pada video youtube dibawah ini :

Secara keseluruhan, bersedekah dalam kondisi berhutang adalah hal yang tidak dianjurkan. Seseorang harus fokus pada cara untuk menyelesaikan hutang terlebih dahulu dan mencari pahala dengan berbuat baik dari selain sedekah. Namun, jika seseorang sedang dalam kondisi hutang namun belum jatuh tempo, ia boleh saja bersedekah dengan tetap memiliki gambaran untuk membayar hutang saat jatuh tempo nanti.

Sahabat, jika anda tidak memiliki hutang yang sedang jatuh tempo, tentu saja sedekah adalah suatu amalan yang sangat disukai oleh Allah SWT dan akan diganti oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda.

Bersedekah agar dimudahkan melunasi hutang

JADIKAN HARTAMU SEBAGAI BEKAL TERBAIK [ Jum’at Berkah Dengan Bersedekah] Jum’at Berkah dengan Sedekah raih pahala berlimpah, Jangan lupa Al-Kahfi dan memperbanyak shalawat

Mari bantu program pondok hubungi Whatsapp : 085311222225

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *