Bolehkah Memilih Pemimpin Non Muslim ? – Buya Yahya Menjawab

0
379

Dalam islam apa hukumnya menjadikan seorang non muslim menjadi pemimpin ?

Buya Yahya menjelaskan bahwa menjadikan orang non muslim menjadi pemimpin adalah tidak diperkenankan, dan perlu digaris bawahi bahwa  ini bukan masalah diskriminasi dan sebagainya, ini  adalah aturan yang terdapat dalam agama islam. Karena yang namanya pemimpin itu akan mengurusi segala urusan kita, makanya seorang pemimpin harus dari umat muslim juga.

Ingat ini bukan merendahkan  martabat agama lain, ini adalah aturan fiqih yang terdapat dalam agama islam , bukankah setiap agama punya aturan yang tidak bisa dilanggar?

Bolehkah memilih Pemimpin Non Muslim - Buya Yahya

Buya Yahya mengatakan bahwa jika anda sebagai umat muslim kemudian mengangkat pemimpin dari kaum non muslm, tentu saja anda menyalahi aturan agama islam. Ingat, ini bukan merendahkan martabat agama lain, karena ini memang aturan fiqih yang ditetapkan Allah SWT.

Contoh lainnya, dalam agama islam ada aturan bahwa  wanita tidak bisa menjadi imam shalat , lantas apakah anda akan melanggarnya? Apakah aturan ini merendahkan Wanita? Tentu saja tidak bukan?

Agama manapun pasti memiliki aturan yang tentunya tidak bisa dilanggar, begitu pula dengan agama islam, anda perlu mengetahui bahwa memang dalam aturan agama islam tidak diperkenankan untuk memilih pemimpin dari kalangan non muslim.

Lalu apabila sudah terjadi dan sudah diangkat seorang pemimpin non muslim diantara kita, bagaimana hukumnya? Buya Yahya mengatakan bahwa bila sudah terjadi maka  kita harus mematuhi pemimpin yang ada selama ia tidak memberikan perintah-perintah yang melanggar syariat atau membahahyakan jiwa,kita tidak perlu demo dan sebagainya.

Namun perlu dipahami bahwa ketika kita memilih pemimpin dari kalangan non muslim, maka kita telah melakukan suatu kesalahan yaitu melanggar aturan agama islam,  dan sekali lagi diingatkan bahwa  ini tidak sama sekali merendahkan kemampuan memimpin dari umat beragama lain, ini merupakan aturan dalam islam, jangan sampai anda menjadi liar dan melanggar aturan ini.

Note : Artikel ini dibuat oleh admin dengan mengutip video dari youtube @buyayahyaofficial yang videonya dapat anda saksikan secara lengkap dibawah ini :

Sahabat, Al Bahjah mengadakan kajian tafsir Al quran bersama Buya Yahya yang Insya Allah dilakukan rutin setiap Sabtu pagi di Cirebon, info lebih lengkap mengenai kajian ini teradapat pada halaman Kajian Tafsir Alquran Bersama Buya Yahya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini