Cara Agar Nasehatmu Didengar – Buya Yahya

0
227
Buya Yahya menjawab pertanyaan dari seorang jamaah mengenai cara agar nasehatmu  didengar oleh orang lain
Buya Yahya menjawab pertanyaan dari seorang jamaah mengenai tips agar nasehat kita di dengar oleh orang lain

Sebagai seorang pembimbing atau ustadz, memberikan nasehat kepada murid atau jamaah adalah tugas yang sangat penting. Namun, terkadang kita berbicara tanpa memperhatikan waktu yang tepat sehingga pesan yang ingin disampaikan tidak efektif atau bahkan bisa membuat orang muak dan enggan mendengarkan.

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengontrol pembicaraan kita agar tidak keluar tanpa arah yang jelas. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan memperhatikan waktu yang ada dan berbicara dalam hal yang tepat.

Menurut Buya Yahya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan nasehat atau nasihat, antara lain:

  1. Pilih waktu yang tepat
    Sebagai seorang pembimbing, kita harus bisa memilih waktu yang tepat untuk memberikan nasehat atau nasihat. Jangan memberikan pesan pada saat orang tersebut sedang sibuk atau sedang dalam kondisi emosi yang tidak stabil.
  2. Berikan dosis yang tepat
    Seperti halnya seorang dokter memberikan obat kepada pasien, kita juga harus memberikan nasehat atau nasihat dengan dosis yang tepat. Jangan terlalu berlebihan atau terlalu sedikit dalam menyampaikan pesan.
  3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami
    Ketika memberikan nasehat atau nasihat, kita harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh orang yang mendengar. Jangan menggunakan bahasa yang terlalu teknis atau sulit dipahami oleh orang awam.
  4. Berikan apa yang dibutuhkan
    Kita harus memberikan apa yang dibutuhkan oleh orang tersebut, bukan hanya apa yang kita ketahui. Penting untuk memahami situasi dan kebutuhan orang yang sedang kita beri nasihat.
  5. Jangan hanya ingin pamer
    Sebagai seorang pembimbing, kita harus fokus pada tujuan utama, yaitu membantu orang yang memerlukan bimbingan atau nasehat. Jangan hanya ingin pamer kelebihan dengan menggunakan bahasa atau istilah yang sulit dipahami oleh orang awam.
Video Buya Yahya Menjawab : Cara agar nasehatmu di dengar

Buya Yahya guru mulya kita, seorang ulama pengasuh LPD AL Bahjah Dalam memberikan nasehat atau nasihat, tujuan utamanya adalah untuk membantu orang lain dan menjadikan mereka lebih baik. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk memperhatikan waktu yang tepat, dosis yang tepat, bahasa yang mudah dipahami, memberikan apa yang dibutuhkan, dan tidak hanya ingin pamer.

Semoga kita semua diberikan kebijaksanaan dan kecerdasan dalam memberikan nasehat dan nasihat, sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik oleh orang yang membutuhkan. Aamiin. (Admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini