Inilah Masalah Pendidikan Anak-anak Zaman Ini | Buya Yahya

0
186

Pendidikan anak-anak zaman sekarang telah menjadi masalah yang kompleks bagi orang tua dan para pengajar. Perkembangan teknologi yang pesat memberikan dampak besar terhadap cara belajar dan pola hidup anak-anak. Hal ini diungkapkan oleh Buya Yahya dalam video yang berjudul “Inilah Masalah Pendidikan Anak-Anak Zaman Ini”. Dalam video tersebut, Buya Yahya memberikan pandangan tentang bagaimana pendidikan anak-anak harus dihadapi di era digital saat ini.

Menurut Buya Yahya, anak-anak zaman dulu lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, setelah pulang sekolah, mereka akan memfokuskan diri untuk belajar dan bermain di rumah. Namun, kini dengan adanya smartphone, anak-anak cenderung menghabiskan waktu mereka di kamar mereka setelah pulang sekolah. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game dan bersosialisasi di media sosial. Hal ini mengakibatkan mereka kehilangan waktu belajar dan tidak memiliki semangat untuk belajar.

Buya Yahya menekankan bahwa sistem pendidikan harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan. Sistem yang mengalami percepatan menjadi hal yang penting, karena anak-anak memiliki banyak pilihan hiburan dan kegiatan. Jika mereka merasa bosan dengan pembelajaran yang lambat dan tidak menarik, mereka akan lebih memilih untuk bermain game atau bersosialisasi di media sosial. Oleh karena itu, pendidikan harus memberikan pembelajaran yang menarik dan mengikuti perkembangan zaman.

Inilah Masalah Pendidikan Anak-anak Zaman Ini | Buya Yahya
“Jika kita ingin anak kita ditolong oleh Allah, mari kita tolong anak orang lain'”

Tidak hanya masalah kebiasaan belajar, pola hidup anak-anak juga sangat berbeda dengan zaman dulu. Ketika dulu anak-anak memiliki waktu luang yang banyak, anak-anak zaman sekarang tidak memiliki waktu yang luang, waktu mereka akan banyak habis oleh gadget mereka. Dalam sebuah video, Buya Yahya pernah mengatakan bahwa memang solusi terbaik untuk anak anak zaman sekarang adalah pesantren/pondok. Tentunya pondok yang memiliki aturan yang ketat dan jelas, anak anak akan dibina dan dijauhkan dari hal hal yang tidak bermanfaat. Anda sekalian bisa mensurvey beberapa pondok pesantren terbaik untuk tempat anak anda menimba ilmu dan dididik menjadi anak yang soleh/solehah. Sekedar informasi, LPD Al Bahjah dibawah asuhan Buya Yahya memiliki pilihan program pendidikan baik pendidikan formal (SD,SMP,SMA) maupun pendidikan pesantren untuk anda yang sedang mencari lembaga pendidikan terbaik untuk anak anda. (Baca juga : Berkualitas ! SDIQu Al Bahjah Pusat Raih Akreditasi A untuk Pendidikan Islam yang Lebih Baik)

Hal ini menunjukkan bahwa pola hidup anak-anak telah berubah drastis. Anak-anak zaman sekarang lebih mengandalkan teknologi untuk bersosialisasi dan mendapatkan hiburan. Mereka cenderung menghabiskan waktu mereka di dalam rumah, sehingga kehilangan kesempatan untuk belajar dan berinteraksi dengan lingkungan luar. Oleh karena itu, orang tua dan pengajar harus memperhatikan pola hidup anak-anak dan membantu mereka menemukan keseimbangan antara belajar dan hiburan.

Inilah Masalah Pendidikan Anak-anak Zaman Ini | Buya Yahya

Salah satu tantangan yang dihadapi orang tua dan pengajar adalah bagaimana mengelola penggunaan smartphone oleh anak-anak. Buya Yahya menyarankan bahwa orang tua harus membatasi penggunaan smartphone oleh anak-anak, terutama di malam hari. Karena jika anak-anak menghabiskan waktu mereka untuk bermain game atau bersosialisasi di media sosial di malam hari, hal ini dapat mengganggu waktu tidur mereka dan dapat memengaruhi kinerja mereka di sekolah.

Buya Yahya juga menekankan bahwa penggunaan smartphone oleh anak-anak harus diawasi oleh orang tua. Orang tua harus membimbing anak-anak untuk menggunakan teknologi dengan bijak dan tidak berlebihan. Orang tua juga harus memperkenalkan kegiatan-kegiatan positif yang dapat mengisi waktu luang anak-anak, seperti membaca buku, bermain olahraga, atau berkebun.

Selain itu, pengajar juga harus memperhatikan cara mengajar yang efektif dan menarik bagi anak-anak. Mereka harus memanfaatkan teknologi yang ada untuk memberikan pembelajaran yang menarik dan interaktif. Pembelajaran dapat dilakukan dengan cara yang lebih kreatif dan menyenangkan, seperti melalui game atau video pembelajaran.

Dalam kesimpulannya, perkembangan teknologi memberikan dampak besar terhadap pendidikan anak-anak. Pola hidup dan kebiasaan belajar anak-anak zaman sekarang berbeda dengan zaman dulu, sehingga orang tua dan pengajar harus beradaptasi dan menghadapi tantangan ini dengan bijak. Pembelajaran harus menarik dan mengikuti perkembangan zaman, sementara penggunaan teknologi oleh anak-anak harus diawasi dan dibimbing oleh orang tua. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang cerdas dan berprestasi. (admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini