Sedekah Subuh Lebih Utama, Benarkah ? Buya Yahya

0
496

“Baru-baru ini , sedekah subuh semakin populer dan banyak dibicarakan oleh masyarakat. Gerakan ini dipercayai memiliki keutamaan yang luar biasa dan merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan. Namun, banyak orang yang mempertanyakan apakah benar sedekah pada waktu subuh memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan sedekah pada waktu lain?

“Menurut pendapat Buya Yahya, sedekah dapat dilakukan kapan saja dan memang lebih baik dilakukan secara cepat. Namun, apakah yang dimaksud dengan “lebih cepat” adalah pada waktu subuh?”

Biasanya para penggiat gerakan sedekah subuh mengacu pada Riwayat baginda Nabi yang berbunyi :

بَاكِرُوا بِالصَّدَقَةِ، فَإِنَّ الْبَلَاءَ لَا يَتَخَطَّى الصَّدَقَةَ

“Segeralah untuk bersedekah sepagi mungkin, karena bencana tidak bisa melangkahi sedekah.”

Namun, beberapa ulama memandang bahwa hadis tersebut tidak dapat digunakan sebagai dasar, bahkan, Ibnu Jauzi sendiri mengumpulkan hadis tersebut dalam golongan hadis yang tidak sahih. Menurut Buya Yahya, meskipun misalnya hadis tersebut dianggap benar, tetap perlu dilihat adanya hadis lain yang juga harus dilihat.

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا ، وَيَقُولُ الآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada 2 malaikat yang turun, yang satu berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Sementara yang satunya berdoa, “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).

Sebelum kita membahas lebih jauh, ada beberapa orang yang menganggap bahwa hadis tersebut sebagai dasar bahwa sedekah di waktu subuh memiliki keistimewaan tertentu. Namun, tafsir hadis tersebut sebenarnya mengatakan bahwa malaikat akan selalu mendoakan seorang hamba sepanjang hari, bukan hanya pada pagi hari. Artinya, bahkan jika seseorang melakukan sedekah pada siang atau malam hari, mereka tetap akan mendapatkan doa dari malaikat.

Baiklah, jika masih kurang kami berikan juga hadis lain yang serupa namun disini turunnya malaikat adalah di waktu matahari terbenam, bukan ketika pagi hari

وَلَا آبَتْ شَمْسٌ قَطُّ إِلَّا بُعِثَ بِجَنْبَتَيْهَا مَلَكَانِ يُنَادِيَانِ يُسْمِعَانِ أَهْلَ الْأَرْضِ إِلَّا الثَّقَلَيْنِ: اللهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَأَعْطِ مُمْسِكًا مَالًا تَلَفًا

Tidaklah matahari terbenam kecuali diutus 2 malaikat yang mengiringinya. Malaikat itu berdoa, didengar oleh seluruh penduduk bumi kecuali jin dan manusia: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq. Dan berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir harta.” (HR. Ahmad 21721 dan dihasankan Syuaib al-Arnauth)

“Menurut Buya Yahya, sedekah dapat dilakukan kapan saja dan akan selalu mendapat keutamaan didoakan yang baik-baik oleh malaikat. Terlepas dari waktu apapun, selalu baik untuk bersedekah. Meskipun ada gerakan sedekah pagi yang sedang populer, tidak ada yang salah dengan hal tersebut dan sangat baik untuk dilakukan.”

Sedekah subuh, buya yahya

“Buya Yahya ingin memberikan pemahaman bahwa sedekah di waktu subuh tidak memiliki keistimewaan khusus. Sedekah dapat dilakukan pada waktu apapun. Konsep utama dari sedekah bukan pada waktunya, melainkan pada saat ada seseorang yang sangat membutuhkan bantuan. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kebutuhan orang lain dan melakukan sedekah pada saat yang tepat.”

Pemahaman dan pelurusan masalah ini menurut Buya Yahya perlu untuk disampaikan, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam bersedekah, contohnya saja ketika anda mendapatkan rezeki di sore hari, kemudian di sore hari itu juga anda mendapati ada seseorang yang butuh bantuan anda, lalu karena anda salah pemahaman dan ingin mendapatkan pahala yang lebih banyak , anda malah menunggu subuh untuk bersedekah. Padahal sedekah akan lebih utama bila diberikan saat menemui orang yang benar benar membutuhkan, di saat itu juga, lebih cepat lebih baik bukan? Dan lebih cepat ini tidak mesti subuh hari kan? Anda pun tetap akan didoakan oleh malaikat agar diberi rezeki yang berlimpah.

Maka masalah kebaikan sedekah  dikembalikan kepada yang memerlukannya, jika di pagi hari anda tidak bisa menjangkau orang yang membutuhkannya, maka tunggulah di siang hari atau sore harinya.Jangan sampai malah memaksakan harus sedekah di waktu subuh tapi sedekahnya malah sampai pada orang yang tidak terlalu membutuhkan.

Intinya hadis tersebut sifatnya adalah sehari itu bukan pagi saja, akan tetapi jika ada gerakan sedekah subuh ya boleh boleh saja, baik baik saja, namun Buya Yahya mengatakan bahwa tidak ada keistimewaan sedekah pada waktu subuh.

Kesimpuannya Sedekah adalah bentuk kebaikan yang dapat dilakukan setiap saat, tidak terbatas pada waktu tertentu. Gerakan sedekah subuh yang sedang populer saat ini memang merupakan hal yang baik, namun tidak ada keistimewaan waktu tertentu untuk melakukan sedekah. Dalam hal ini, lebih penting untuk memilih waktu sedekah ketika ada orang yang membutuhkan bantuan, maka saat itu juga anda bisa langsung membantunya.

Berbicara mengenai sedekah, Mizka Al Bahjah memiliki sebuah program donasi Orang Tua Asuh Santri Al Bahjah, jika anda ingin turut serta dalam program ini, bisa mengunjungi halaman Program Orang Tua Asuh Santri Al Bahjah

Note : Artikel ini ditulis oleh admin dengan mengutip video Buya Yahya Menjawab yang dapat disaksikan melalui youtube Al Bahjah TV dibawah ini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini