Tips Agar Anak Mau Mondok ke Pesantren Menurut Buya Yahya

0
656

Mondok ke pesantren merupakan cara yang efektif untuk membentuk karakter dan moral anak dalam lingkungan yang sehat dan islami. Namun, tidak sedikit orang tua yang merasa kesulitan untuk mengenalkan pesantren pada anaknya, bahkan sampai harus menggunakan ancaman untuk membujuk anak agar mau mondok. Padahal, cara seperti ini justru membuat anak merasa takut dan tidak menyukai pesantren.

Oleh karena itu, Buya Yahya, seorang ulama terkenal di Indonesia, memberikan tips efektif dan mudah dilakukan agar anak mau mondok ke pesantren. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diikuti:

  1. Ajak anak untuk mengunjungi pesantren Jangan memaksakan kehendak pada anak, tetapi ajaklah anak secara perlahan-lahan untuk mengunjungi pesantren. Jangan berbohong pada anak dengan mengatakan bahwa pesantren itu enak, karena hal ini justru akan menimbulkan harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Sebaliknya, ajaklah anak untuk melihat langsung pondok pesantren dan diskusikan kebaikan-kebaikan di pesantren serta pahala-pahala yang bisa didapatkan.
  2. Berikan contoh konkret pada anak Ketika memberikan uang jajan, ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian untuk disedekahkan ke pondok pesantren. Hal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk membiasakan anak agar peduli pada kebaikan dan kegiatan sosial di pesantren.
  3. Sentuh hati anak Ingatlah bahwa anak bukan robot yang bisa dipaksa atau ditakuti. Ajaklah anak untuk berdiskusi dan tunjukkan kebaikan-kebaikan yang bisa didapatkan dari pesantren. Dengan cara ini, anak akan merasa dihargai dan merasa memiliki keputusan untuk memilih masuk pesantren.
Ceramah Buya Yahya yang berisi Tips Agar Anak Mau Mondok ke Pesantren

Dengan mengikuti tips yang disampaikan oleh Buya Yahya, diharapkan orang tua bisa lebih mudah mengenalkan pesantren pada anak dan membujuk anak untuk mau mondok. Selain itu, cara yang halus dan menghargai perasaan anak akan membuat anak semakin menyukai dan ingin bersekolah di pesantren.

Sudahkah Anda mempertimbangkan Pondok Pesantren Al Bahjah sebagai pilihan untuk anak Anda? Pesantren dibawah asuhan Buya Yahya ini memiliki lingkungan yang terjaga dan berkualitas untuk mendidik anak-anak agar menjadi pribadi yang tangguh dan berakhlak mulia.

Dalam pesantren ini, anak-anak akan diajarkan berbagai keterampilan dan ilmu agama Islam yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu, dengan berada di lingkungan pesantren, anak-anak dapat belajar mandiri dan bergaul dengan orang-orang yang memiliki nilai-nilai positif.

Mengenalkan anak pada pesantren memang tidak mudah, namun dengan tips yang disampaikan oleh Buya Yahya, orang tua dapat lebih mudah memperkenalkan pesantren pada anak. Terlebih lagi, dengan cara yang halus dan menghargai perasaan anak, anak akan semakin menyukai dan ingin bersekolah di pesantren, khususnya di Pondok Pesantren Al Bahjah.

gedung pondok pesantren al bahjah cirebon
Gedung LPD AL Bahjah Cirebon, tempat para santri belajar dan menuntut ilmu

Jadi, jika Anda sedang mencari pesantren yang bagus untuk anak Anda, Pondok Pesantren Al Bahjah bisa menjadi pilihan yang tepat. Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Pondok Pesantren Al Bahjah di situs resminya albahjah.or.id atau langsung kunjungi lokasinya di Kelurahan Sendang No. 179 Blok. Gudang Air Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon untuk melihat secara langsung bagaimana proses belajar mengajar di sana. (Baca juga : Tips Memilih Pesantren yang baik )

Note : Artikel mengenai “Tips Agar Anak Mau Mondok ke Pesantren” ini dibuat oleh admin dengan mengutip video ceramah Buya Yahya yang bisa anda saksikan secara lengkap di youtube Al Bahjah TV dengan judul “Cara mengenalkan Anak ke Pesantren- Buya Yahya”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini