Keutamaan Puasa di Bulan Muharram: Memuliakan Bulan Suci

1
101

Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram yang diistimewakan oleh Allah dalam kalender Islam. Diantara dua belas bulan tersebut, Muharram merupakan bulan yang memiliki keutamaan khusus. Dalam video Mutiara Hikmah Buya Yahya yang diunggah oleh akun youtube Al Bahjah TV, Buya Yahya menjelaskan keutamaan puasa di bulan ini serta mengingatkan umat Islam agar berhati-hati terhadap riwayat-riwayat palsu yang berkaitan dengan Muharram.

Keutamaan Puasa di Bulan Muharram, buya yahya

Puasa di bulan Muharram merupakan sebaik-baik puasa setelah Ramadan, menurut ajaran Nabi Muhammad SAW. Meskipun begitu, Buya Yahya menegaskan bahwa tidak perlu mencari-cari keutamaan tambahan yang tidak jelas dan berpotensi berasal dari riwayat-riwayat palsu. Keutamaan puasa di bulan Muharram sudah jelas, terutama ketika dilakukan pada tanggal 10 Muharram yang disebut Asyura.

Asyura adalah hari yang sangat istimewa di bulan Muharram, dan dalam riwayat yang sahih, Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa berpuasa pada hari Asyura akan mengampuni dosa-dosa masa lalu. Namun, Buya Yahya juga mengingatkan bahwa sebagian orang terkadang menjadikan bulan Muharram sebagai waktu khusus untuk beramal, seperti memberi sedekah kepada anak yatim. Padahal, perhatian dan sedekah kepada anak yatim seharusnya dilakukan tidak hanya pada bulan Muharram, melainkan sepanjang tahun.

Selain itu, Buya Yahya mengingatkan pentingnya memahami bahwa berbeda dengan budaya lain bukanlah permusuhan. Nabi Muhammad SAW pernah mengajak para sahabat untuk berpuasa sehari sebelum Asyura (tanggal 9 Muharram) agar berbeda dengan kebiasaan orang Yahudi dan Nasrani yang hanya berpuasa pada hari Asyura saja. Tujuan dari perbedaan tersebut adalah untuk menjaga kekhasan dan keunikan dalam ajaran Islam.

Dalam ceramahnya, Buya Yahya juga menyoroti bahwa banyak riwayat palsu tentang Muharram yang dapat menyesatkan umat Islam. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menyebarkan riwayat-riwayat tersebut dan lebih mengedepankan riwayat-riwayat yang sahih dan memiliki kepastian.

KEUTAMAAN PUASA DI BULAN MUHARRAM | Buya Yahya

Dengan demikian, bulan Muharram adalah bulan yang mulia dan berharga bagi umat Islam. Puasa di bulan ini, khususnya pada hari Asyura, merupakan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Namun, kita harus bijaksana dalam mengambil keutamaan dan tidak terjebak dalam pandangan sempit tentang bulan ini. Selain itu, mari kita tetap berpedoman pada ajaran Islam yang murni dan menjaga keunikan budaya dan tradisi Islam Dengan cara ini, kita dapat memuliakan bulan Muharram dengan sejati dan mengambil manfaat spiritual yang terkandung di dalamnya. (admin)

    1 KOMENTAR

    TINGGALKAN KOMENTAR

    Silakan masukkan komentar anda!
    Silakan masukkan nama Anda di sini