Mengapa Allah Menciptakan Malaikat dan Bagaimana Cara Beriman Pada Malaikat? Buya Yahya

0
1026

Mengapa Allah Menciptakan Malaikat dan Bagaimana Cara Beriman Pada Malaikat? Buya Yahya – Malaikat dalam agama Islam adalah makhluk halus yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Malaikat memiliki tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Allah, seperti melaksanakan perintah-perintah Allah, melindungi manusia, mencatat amal manusia, dan lain-lain. Namun, beberapa orang mungkin tidak mengerti sepenuhnya tentang makhluk ini, sehingga seringkali terjadi kesalahpahaman dan bahkan penghinaan terhadap malaikat.

Dalam ayat 30 surat Al-Baqarah, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.

Dalam ayat ini, terdapat beberapa hal yang dapat kita pelajari tentang malaikat. Pertama, malaikat adalah makhluk ciptaan Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang memiliki kesadaran dan kehendak. Mereka dapat berbicara dan memahami perintah Allah. Kedua, malaikat memiliki tugas-tugas khusus yang diberikan oleh Allah. Mereka senantiasa bertasbih dan memuji Allah serta mensucikan-Nya. Ketiga, malaikat tidak memiliki sifat-sifat negatif seperti yang ada pada manusia, seperti iri hati, dengki, atau kesombongan. Keempat, Allah Subhanahu Wa Ta’ala menciptakan malaikat sebagai bukti kekuasaan dan kebesaran-Nya.

Ceramah Buya yahya tentang Mengapa Allah Menciptakan Malaikat dan Bagaimana Cara Beriman Pada Malaikat?
Buya Yahya sedang berceramah kepada para santri dan jamaah mengenai Kenapa Allah meciptakan malaikat dan bagaimana cara beriman pada malaikat

Buya Yahya ,Guru Mulya Kita bersama, Pengasuh LPD Al Bahjah dalam sebuah ceramahnya mengatakan, perlu digaris bawahi bahwa Allah menciptakan para malaikat bukan karena memerlukan bantuan mereka, melainkan untuk menunjukkan kebesaran dan kekuasaannya dengan menciptakan makhluk yang agung dan mulia seperti para malaikat. Allah tidak seperti seorang bos yang membutuhkan pegawai untuk membantunya dalam urusan pekerjaannya, karena Allah Maha Kuasa. Saat Allah menciptakan malaikat, tidaklah karena Allah memiliki kebutuhan kepada mereka, tetapi untuk menunjukkan keagungan dan kekuasaan-Nya kepada hamba-Nya.

Menurut Buya Yahya, seringkali terjadi kesalahpahaman dan bahkan penghinaan terhadap malaikat. Beberapa orang mungkin menganggap malaikat sebagai dewa-dewa kecil atau objek untuk dipuja. Hal ini sangat bertentangan dengan ajaran Islam, yang mengajarkan bahwa hanya Allah yang layak untuk dipuja dan disembah. Malaikat hanyalah makhluk ciptaan Allah yang memiliki tugas-tugas khusus.

Buya Yahya, mengatakan bahwa penting bagi umat Islam untuk mengimani malaikat dengan cara yang benar. Kita harus memahami bahwa malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang tunduk dan patuh kepada-Nya. Kita tidak boleh menganggap mereka sebagai dewa-dewa kecil atau objek untuk dipuja. Sebaliknya, kita harus memuliakan malaikat dengan cara yang benar, seperti dengan tidak mencaci dan tidak merendahkan mereka.

Penting juga untuk menghindari guyonan atau lelucon yang merendahkan malaikat. Guyonan seperti ini bisa membuat seseorang keluar dari iman, karena merendahkan malaikat bisa dianggap sebagai bentuk kekafiran. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dalam menggunakan kata-kata atau tindakan yang bisa merendahkan malaikat. ( Ikuti : Program Berbagi Berkah di Bulan Suci Ramadhan Melalui Program Infaq Ifthar Al-Bahjah )

Selain itu, kita juga harus menghormati tugas-tugas yang diberikan oleh Allah kepada malaikat. Sebagai contoh, kita harus memahami bahwa malaikat mencatat amal manusia dan akan menjadi saksi di akhirat. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berusaha untuk melakukan amal yang baik dan menghindari perbuatan dosa.

Ceramah Buya Yahya tentang “Kenapa Allah Menciptakan Malaikat”

Dalam kesimpulannya, sebagai umat Islam kita harus memahami dan menghormati malaikat dengan cara yang benar. Kita tidak boleh menganggap mereka sebagai dewa-dewa kecil atau objek untuk dipuja. Sebaliknya, kita harus memuliakan mereka dengan cara yang sesuai dengan ajaran Islam, seperti dengan tidak mencaci dan merendahkan mereka serta menghormati tugas-tugas yang diberikan oleh Allah kepada mereka. Dengan memahami dan menghormati malaikat dengan cara yang benar, kita dapat memperkuat iman dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.(admin)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini